![]() |
Aristoteles, Murid Platon dikenal dengan konsep Hylemorpisnya |
Melihat dari Jauh. Mungkin, cikal bakal intelektualisme adalah pengasingan.
Di masa-masa Platon hidup, intelektualisme dinyatakan dengan cara
mendirikan komunitas-komunitas belajar yang jauh dari pemukiman kota Athena.
Sang filsuf, dinarasikan dalam sejarah, sering kali pergi mengasingkan diri
dengan mengumpulkan murid-muridnya di suatu tempat agar menemukan suasana
belajar yang bebas dan steril dari segala kepentingan. Toh jika ada
kepentingan, Platon mungkin bilang, yang ada hanyalah demi kepentingan ilmu
pengetahuan.
Di tempat itu, yang sering disebut academia, Platon mendudukkan
murid-muridnya sebagai teman dialog. Melalui percakapan melingkar, Platon dan
murid-muridnya menjadikan cara itu untuk mendiskusikan segala ihwal. Suatu cara
berdialog yang disinyalir pernah dipraktekkan Socrates dengan nama "metode
bidan".
Barangkali, pengasingan Platon adalah suatu strategi belajar untuk
mengafirmasi gagasannya tentang suatu dunia yang ia sebut sebagai dunia idea.
Dunia idea, bagi Platon adalah dunia sebelum jasad yang tanpa cela dan tanpa
cacat. Kata Platon, dunia idea adalah dunia tempat jiwa bersemayam dan bebas
bergerak dengan ide-ide universal.
Barangkali dengan arti itu pula perlu ada ruang ideal yang mencerminkan
dunia tanpa gangguan sebagai tempat mengasah pikiran. Suatu dunia seperti yang
mampu mewakili dunia idea: tempat yang lowong, tanpa beban dan bebas
memungkinkan pikiran bergerak dialektis tanpa dikerdilkan kepentingan sesaat.
Singkatnya, pengasingan dengan begitu adalah suatu mekanisme sosial yang
mengambil jarak dari beban pikiran sehari-hari yang tidak substansial.
Suatu cara membebaskan jiwa agar dapat berkembang dengan sehat.
Orang-orang Yunani menyebut ini sebagai katarsis.
Kelak Aristoteles murid Platon, akan meneruskan model ini dan akan menjadi
batu pertama bagi berdirinya institusi-institusi belajar modern semisal perguruan
tinggi.
***
Orang-orang kota, di tiap akhir pekan seringkali pergi jauh dari mukimnya
untuk menikmati waktu lowong. Pantai atau daerah pegunungan seringkali
menjadi pilihan utama dari aktifitas semacam ini. Di tempat-tempat itu mereka
mengasingkan diri sejenak dari rutinitas harian. Mencari energi baru dan
inspirasi. Menyegarkan kembali pikiran selama dijejali tanggung jawab
pekerjaan.
Orang-orang menyebut ini sebagai rekreasi. Cara mengasingkan diri yang
menyenangkan.
Sementara masyarakat terdidik terutama mahasiswa sampai sekarang masih
menerapkan "pengasingan Platon" sebagai bagian dari rutinitas
intelektualismenya.
Di tiap akhir pekan, tempat-tempat yang jauh dari pemukiman kota dipilih
sebagai lokasi kegiatan-kegiatan pelatihan. Di tempat-tempat itulah suasana
belajar yang jauh lebih bebas mereka temukan. Tempat yang jauh berbeda dari
kampus yang kerap masih berlaku hirarki tuan-hamba.
Di Makassar, tidak jauh dari pusat kota, umumnya ada dua tempat sering
digunakan masyarakat terdidik untuk menciptakan "pengasingan Platon".
Pertama adalah situs peninggalan Benteng Somba Opu yang berisikan replika
rumah-rumah adat dari pelbagai kabupaten di Sulawesi Selatan. Yang kedua, agak
jauh dari pusat kota yakni di sekitar pesisir pantai yang menghadap selat
Makassar: Tanjung Bayang. Dua tempat ini selain Malino, cukup mewakili karakter
suasana yang cenderung bebas dan tanpa tekanan, dua prasyarat agar pikiran
bekerja maksimal.
Di dua tempat inilah, dua pengasingan sekaligus dilakukan. Jika
pengasingan sepadan dengan penjarakan, maka pengasingan yang pertama adalah
metodelogi belajar yang mirip dan yang pernah diupayakan Platon dan
murid-muridnya. Yakni, metode menempa pikiran dengan cara mencari tempat-tempat
jauh dari kesibukan masyarakat urban yang mampu mensterilkan akal sehat.
Pengasingan yang kedua dapat dipahami melalui konsepsi
"abstraksi" Aristoteles. Metode abstraksi dari filsafat Aristoteles
adalah kualitas pikiran manusia yang mampu menarik kesamaan-kesamaan dari
perbedaan objek dengan mengambil ide-idenya sebagai konsep universalnya.
Kemampuan ini sering dilakukan manusia dengan cara mengeneralkan sesuatu dari
perbedaan yang dimiliki objek-objek tertentu.
Ibarat satuan pasir, pikiran mampu menyaring pasir perbedaan demi
menemukan pasir halus yang jauh lebih mewakili harapan sang manusia. Atau,
seperti metode penyulingan ketika ingin menemukan zat cair yang jauh lebih
jernih.
Dua pengasingan ini, sadar tidak sadar adalah proses penyubliman pikiran
yang sampai sekarang menjadi cara paling ampuh untuk menjaga pikiran dapat
terus sehat.
Melalui dua mekanisme ini, bukan saja masyarakat terdidik, melainkan
kelompok masyarakat lainnya, menemukan waktu dan ruang yang lebih memadai untuk
melihat dan menilai dari sudut tertentu tentang apa yang sudah ada selama ini.
Bahkan, di sisi tertentu mempertanyakan kembali apa-apa manfaat dari sesuatu
terhadap keberlangsungan diri selama ini.
Dengan proses inilah refleksi dimungkinkan.
Syahdan, walaupun demikian di satu sisi "pengasingan Platon"
sering kali diejek sebagai model belajar yang mengedepankan kontemplasi dari
pada aksi. Kontemplasi bahkan dinilai sebagai bentuk eskapisme terselubung.
Cara orang-orang lari dari kenyataan dengan memasuki dunia
"khayalan".
Akibatnya konon katanya, dunia tidak akan berubah hanya dengan cara
berkontemplasi. Kontemplasi ditengarai menjadi sebab mengapa banyak orang
memilih hidup menjauh dari kehidupan ril itu sendiri. Bahkan kontemplasi
membuat siapa pun yang melakukannya menjadi pasif. Tidak punya greget dan
semangat dalam hidup.
Itulah sebabnya, kata aksi bagi sebagian mahasiswa masih lebih mulia
daripada terma kontemplasi. Kata aksi lebih mewakili jiwa muda mahasiswa,
tinimbang kontemplasi yang dianggap lebih mewakili semangat kaum tua.