Apa yang memungkinkan
sebuah karya sastra memiliki sensibilitas di antara batasbatas peristiwa dari
yang datang dan yang pergi? Sehingga mampu melampaui kejadiankejadian yang
merentang di putaran orbit kehidupan manusia?
Pertanyaan ini adalah sebuah eksposisi yang baik untuk jauh masuk pada kisaran fundamental dari apa yang diendapkan dalam sebuah karya satra; soalsoal manusia. Sastra yang baik adalah karya sartra yang lahir dari jantung subjektifitas manusia, susun bangun kata yang terbangun dari kekayaan batin sebuah kejadian, sebuah peristiwa.
Pertanyaan ini adalah sebuah eksposisi yang baik untuk jauh masuk pada kisaran fundamental dari apa yang diendapkan dalam sebuah karya satra; soalsoal manusia. Sastra yang baik adalah karya sartra yang lahir dari jantung subjektifitas manusia, susun bangun kata yang terbangun dari kekayaan batin sebuah kejadian, sebuah peristiwa.
Seperti dalam pengertian yang diberikan Ignas Kleden; seorang sastrawan beda betul dengan profesi, taruhlah seorang wartawan. Seorang sastrawan memiliki konsep dunia yang berbeda, dunia kenyataan yang jauh menelikung dari kesan dunia yang umum; kekayaan dunia subjektif. Dunia subjektif adalah ruang yang sarat lipatanlipatan unsur batiniah. Sehingga kenyataan yang benar bukanlah usaha observasi yang menuntut kemapatan antara ide dengan kenyataan, melainkan sesuatu yang maknawi, kedalaman dunia yang dihayati. Maka seorang sastrawan tidaklah berjuang dengan dunia luar, melainkan sebuah pergelutan tentang dunia batin.
Seorang sastrawan
memiliki stage yang berbeda dengan seorang wartawan. Jika
seorang wartawan menghadapi kenyataan dunia empirik, maka seorang sastrawan justru berbalik ke dalam memasuki rimba
makna pengalaman seharihari.
Maka apa yang menjadi nilai juang dari seorang sastrawan adalah kedalaman makna yang dintodusir kepada khalayak, atau bagaimana khalayak mampu masuk pada ruang kesadaran terdalam; ruang pemaknaan. Dan tentu tak sama dengan seorang wartawan yang dituntut untuk menemukan kebenaran warta yang diperjuangkan dari dunia luar untuk diinformasikan.
Maka apa yang menjadi nilai juang dari seorang sastrawan adalah kedalaman makna yang dintodusir kepada khalayak, atau bagaimana khalayak mampu masuk pada ruang kesadaran terdalam; ruang pemaknaan. Dan tentu tak sama dengan seorang wartawan yang dituntut untuk menemukan kebenaran warta yang diperjuangkan dari dunia luar untuk diinformasikan.
Barangkali itulah ihwal
penting dalam karya Kobayashi Takiji, seorang komunis Jepang; Kani Kosen,
sebuah revolusi. Karya sastra yang lahir dikitaran waktu 1929.
Novel ini berkisah tentang kehidupan para buruh pabrik kapal pengangkut kepiting yang dipapar kehidupan ekonomi yang malaise. Jepang yang sedang dihinggapi shihonshugi; kapitalisme. Keresahan tumpah ruah, pengangguran tak terbendung dan kemiskinan adalah sakit yang tak terhindarkan.
Novel ini berkisah tentang kehidupan para buruh pabrik kapal pengangkut kepiting yang dipapar kehidupan ekonomi yang malaise. Jepang yang sedang dihinggapi shihonshugi; kapitalisme. Keresahan tumpah ruah, pengangguran tak terbendung dan kemiskinan adalah sakit yang tak terhindarkan.
Jepang di masamasa itu, tak
beda dari situasi negaranegara yang dihinggapi kuasa modal. Kapitalisme, kita tahu dipenghujung abad 20 adalah keyakinan yang akbar
untuk dipuja. Semacam key of life bagi zaman yang sedang bergerak cepat. Kapitalisme dengan segala rukunrukunnya menjanjikan ilustrasi
kehidupan yang tak untuk didiami dengan sejarah umat manusia yang
menghendaki ketidakpastian.
Kapitalisme dengan dukungan kelas burujiajinya di Jepang mengerti, Jepang adalah gugusan pulau yang menyimpan banyak potensi.
Kapitalisme dengan dukungan kelas burujiajinya di Jepang mengerti, Jepang adalah gugusan pulau yang menyimpan banyak potensi.
Maka di sana, di Jepang;
matra sosial mengalami ketegangan antara kelas pekerja dan kelas pemodal,
kelompok miskin versus kelompok kaya, kelompok politik fasistis militeristis versus
politik proletariat, kalangan intelektual melawan kaum kapital.
Singkatnya, di Jepang suasana di tahuntahun itu adalah suasana zaman yang sedang dilanda krisis berkepanjangan.
Singkatnya, di Jepang suasana di tahuntahun itu adalah suasana zaman yang sedang dilanda krisis berkepanjangan.
Namun sebuah ilustrasi
bukanlah kenyataan. Ia hanya kesan dari yang hendak digambarkan.
Dan kapitalisme seperti citra gambar yang tak selamanya sempurna untuk
dimengerti, bahkan di Jepang sekalipun. Juga modernisasi yang dikehendaki pada
akhirnya harus mendapati kenyataan yang berbeda; kehidupan ekonomi yang karut
marut. Pada kenyataan masyarakat demikianlah Kobayashi menangkap hal yang
tunggal dari rahim kapitalisme; alienasi.
Kobayashi adalah seorang
komunis. Ia mati dalam keadaan muda, 29. Kani Kosen; Sebuah Revolusi,
adalah karya sastra yang ditulisnya pada usia 26, empat tahun kemudian ia
merengang nyawa; disiksa kepolisian Jepang. Pada saat Kani Kosen ditulis,
barangkali Kobayashi tak menduga, tulisan yang ia dedikasikan untuk para buruh
kapal pengangkut itu, 80 tahun kemudian, menjadi bacaan yang banyak
dikonsumsi di Jepang terutama di kalangan anakanak muda.
Nampaknya karya yang sempat
dilarang beredar oleh militer Jepang seperti mengikuti inangnya;
komunisme, memiliki umur yang panjang. Dan kita tahu sebuah karya
sastra adalah kejujuran yang mendahului kenyataan.
Kani Kosen adalah bahasa transparan yang menangkap esensialitas yang terkandung dalam pengalaman kaum buruh Jepang yang dikeruk oleh sistem monopolis. Itulah mengapa seperti bahasa anakanak muda yang besar di era yang berbeda, ketika membaca Kani Kosen, "kami tak melihat ada komunisme dalam Kani Kosen, yang kami saksikan adalah penderitaan dari ketidakadilan yang merajalela."
Atau dengan bahasa lain, dalam Kani Kosen, buku yang tidak terlalu tebal itu, bukan diperuntukan dengan sensibilitas ideologi tertentu, melainkan tentang humanisme. Dengan esensialitas yang terkandung dalam karangannya, Kobayashi hendak jujur terhadap kenyataan, Kani Kosen adalah sastra yang mengandung soalsoal kemanusiaan yang selalu didaur oleh bulatan waktu.
Kani Kosen adalah bahasa transparan yang menangkap esensialitas yang terkandung dalam pengalaman kaum buruh Jepang yang dikeruk oleh sistem monopolis. Itulah mengapa seperti bahasa anakanak muda yang besar di era yang berbeda, ketika membaca Kani Kosen, "kami tak melihat ada komunisme dalam Kani Kosen, yang kami saksikan adalah penderitaan dari ketidakadilan yang merajalela."
Atau dengan bahasa lain, dalam Kani Kosen, buku yang tidak terlalu tebal itu, bukan diperuntukan dengan sensibilitas ideologi tertentu, melainkan tentang humanisme. Dengan esensialitas yang terkandung dalam karangannya, Kobayashi hendak jujur terhadap kenyataan, Kani Kosen adalah sastra yang mengandung soalsoal kemanusiaan yang selalu didaur oleh bulatan waktu.
Dalam kata pengantar edisi
terjemahan, I Ketut Surajaya, guru besar sejarah Jepang
menuliskan; sejarah tak mungkin terulang, tetapi suasana bathin
suatu masyarakat dapat berdaur ulang dalam analogi zeitgeist sosial
budaya, politik dan ekonomi. Dan di sinilah keutamaannya, sebuah ideologi
tidak selamanya diterjemahkan dalam bahasa yang mengharuskan adanya mobilisasi
massa, barisanbarisan panjang barikade, atau sloganslogan yang antikemapanan
melainkan dapat hadir dalam bentuknya yang lain; suasana batin.
Dan di sinilah
kemungkinannya sebuah karya sastra dapat diterima, ia berbicara dalam bahasanya
yang paling halus menyentuh sisi kemanusiaan manusia. Dalam kandungannya,
sastra adalah bahasa yang mendahului esensi sebab bahasanya bermain
pada batasbatas universalitas. Maka di manapun ketika kenyataan mengalami
situasi yang monolog, maka sastra adalah pisau yang mengiris peririsan kulit
kenyataan yang mengalami kebekuan.
Setidaknya sifat bahasa sastra yang selalu menolak untuk merambah partikularitas, menunda kenyataan dan sebuah korpus yang terbuka untuk selalu mengalami penafsiran, sehingga seperti “Kani Kosen sebuah Revolusi” tulisan yang lahir dari seorang anak muda Jepang, dan karyakarya sastra lainnya, selama berbicara secara transparan, merekam jejakjejak yang tak terpantau kekuasaan dan mengangkatnya kepermukaan, maka di sanalah keadilan dan kemanusiaan adalah dua hal yang selalu didamba.
Setidaknya sifat bahasa sastra yang selalu menolak untuk merambah partikularitas, menunda kenyataan dan sebuah korpus yang terbuka untuk selalu mengalami penafsiran, sehingga seperti “Kani Kosen sebuah Revolusi” tulisan yang lahir dari seorang anak muda Jepang, dan karyakarya sastra lainnya, selama berbicara secara transparan, merekam jejakjejak yang tak terpantau kekuasaan dan mengangkatnya kepermukaan, maka di sanalah keadilan dan kemanusiaan adalah dua hal yang selalu didamba.